Tuesday, April 18, 2006

Bau kencur…!

“Wah, kamu ini masih anak bau kencur kok minta kawin. Sekolah dulu yang bener, nanti kalau sudah jadi sarjana, baru kamu kawin. Lagian kamu anak masih ingusan kok sudah pacaran 10 kali, bapak saja yang sudah setua ini baru 9 kali” kata pak Gono pada Timbul, anaknya yang baru lulus SMP.

Bau kencur. Sebenarnya pada tau nggak artinya bau kencur? Istilah bau kencur itu digunakan untuk menegaskan bahwa si orang yang dijuluki bau kencur tadi masih sangat kecil, belum dewasa. Asal istilah ini mungkin berasal dari tradisi masyarakat Indonesia yang waktu jaman baheula dulu menggunakan kencur sebagai media obat gosok penghangat badan untuk bayi (ya mirip-mirip fungsinya minyak kayu putih gitu lah…!), untuk menjaga badan bayi tetap hangat. Jadi bayi-bayi masa lalu rata-rata bau kencur karena diborehkan kencur di badannya. Jadi, anak bau kencur identik dengan anak bayi, masih kecil!

Kalau istilah bau kencur bisa ditelusuri asal muasalnya, untuk istilah ‘bau tanah’, saya kok masih belum ngerti kenapa istilah itu digunakan untuk menjuluki orang tua yang umurnya diperkirakan sebentar lagi ‘pulang kampung’ ke hadirat-Nya. Tapi kalau saya ingat-ingat baunya nenek saya dulu, sama sekali tidak berbau tanah, malahan bau kapur barus serta obat gosok dan hidung mampet cap Dragon (trend nenek-nenek jaman dulu pasti sering bawa-bawa obat hidung mampet batangan dalam kemasan hitam bertuliskan keemasan ‘Cap Dragon’).

Lain lagi ceritanya kalau bau ketek dan bau kentut. Itu mah, nggak usah ditelusuri, malah harus cepet-cepet tutup hidung!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home